Minggu, Januari 04, 2009

Mari Bersahabat dengan Lingkungan

Akhir – akhir ini, seiring dengan makin mencuatnya isu Pemanasan Global (Global Warming), masyarakat Indonesia makin disadarkan dengan betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Kesadaran akan pentingnya hidup selaras dengan lingkungan di Indonesia sangat terasa semenjak Indonesia menjadi tuan rumah acara United Nation Climate Change Conference yang disingkat menjadi UNCC Conference di Bali pada tanggal 3 -1 4 Desember 2007 lalu. Semenjak penyelenggaraan acara tersebut, media cetak maupun elektronik juga gencar menyuarakan pentingnya perilaku ramah lingkungan.

Banyak untuk membantu melestarikan lingkungan, mulai cara yang gampang sampai cara yang susah. Beberapa cara yang dapat dilakukan oleh kita untuk membantu menjaga kelestarian lingkungan adalah :
1.Menghemat pemakaian listrik. Seperti diketahui, untuk menghasilkan listrik, banyak pembangkit listrik dinegara kita masih menggunakan bahan bakar yang didapat dengan menambang dari alam seperti batu – bara dan minyak bumi. Oleh karena itu semakin besar pemakaian listrik maka akan semakin banyak batu bara dan minyak bumi yang diperlukan dan semakin banyak penambangan dilakukan yang mengakibatkan kerusakan lingkungan. Hematlah pemakaian listrik mulai dari hal – hal kecil seperti :
  • mencabut charger handphone apabila sudah tidak digunakan
  • tidak mengaktifkan mode standby pada alat elektronik seperti televisi jika akan dimatikan dalam jangka waktu lama
  • menggunakan lampu TL untuk penerangan rumah
  • mematikan sebagian besar lampu jika penghuni rumah akan tidur
  • jangan gunakan mode otomatis pada pompa air anda karena mode pompa air anda akan sering menyala padahal pada saat mesin pompa mulai menyala diperlukan daya listrik yang besar
  • gunakan tempat penampungan air jangan langsung mengalirkan air dari pompa ke bak mandi atau untuk keperluan sesaat seperti cuci tangan, mengisi ember, dll. Dengan menggunakan tempat penampung air yang besar (minimal 1000 liter) anda cukup menyalakan pompa air satu kali dalam sehari.
  • Melakukan diversifikasi energi, yaitu dengan tidak selalu menggunakan bantuan listrik dalam aktivitas sehari – hari. Contohnya adalah untuk menyapu rumah tidak perlu menggunakan vacuum cleaner, memasak dan memanaskan air tidak menggunakan kompor listrik atau dispenser tetapi gunakan gas elpiji, dll.
2.Menghemat pemakaian air karena air yang merupakan kebutuhan utama kita yang semakin hari semakin susah didapatkan. Gunakanlah air dengan bijaksana. Upaya yang dapat dilakukan berkaitan dengan pemakaian air diantaranya :
  • mengurangi mandi dengan berendam di bathtub. Mandilah dengan menggunakan shower atau gayung kecil.
  • Menampung air hujan yang nantinya akan digunakan untuk keperluan menyiram tanaman, mencuci motor/mobil, membersihkan halaman, dll.
  • Gunakan sabun cuci pakaian yang sudah disertai softener sehingga tidak perlu air tambahan untuk merendam di softener.

3.Berusaha sesedikit mungkin melakukan pergerakan (berlalu lintas) dengan kendaraan bermotor. Karena semakin banyak dan semakin lama kita berada di jalan maka semakin besar konsumsi BBM kita dan juga semakin besar konstribusi kita dalam menyebabkan kemacetan. Untuk keperluan seperti beli kebutuhan rumah tangga cobalah membeli di minimarket terdekat dari rumah anda, mungkin kita tidak perlu membeli di Hypermarket dan sejenisnya untuk barang seperti bumbu dapur, telur, mie, dll.
4.Gunakan sepeda sebagai kendaraan utama kita untuk melakukan pergerakan jarak pendek.
5.Jika memungkinkan, menggunakan kendaraan umum lebih ramah terhadap lingkungan karena tingkat okupansi nya (daya angkut) lebih tinggi. Kenapa saya katakan "jika memungkinkan", karena sampai dengan saat ini sepertinya kendaraan umum di republik ini masih belum ada yang aman dan nyaman.
6.Jika menggunakan mobil pribadi, usahakan jumlah penumpangnya diperbanyak.

Jadi, Let's Go Green ternyata dapat dan mudah dilakukan. Kapan lagi kalau bukan sekarang. Jangan menunggu lagi.

1 komentar:

  1. Asww...
    Saya setuju dengan tema tersebut, kita sebagai manusia sebaiknya mulai bersikap bersahabat dengan lingkungan sendiri. Karena bumi ini satu-satunya tempat yang bisa dihuni oleh manusia, ya ga tau mungkin di masa depan ditemukan planet lain yang bisa ditinggali oleh ummat manusia...tapi yang penting kita harus bisa mewariskan lingkungan hidup ini untuk anak cucu kita di masa yang akan datang, ya dimulai dari hal kecil seperti yang disebutkan di atikel diatas...Let's go Green...

    Diptha Adrian

    http://www.kasoemjr.com

    BalasHapus