Sabtu, Januari 03, 2009

Anak Sekarang Lebih Canggih


Anak - anak generasi tahun 2000 harus diakui lebih "canggih" daripada kita bapaknya yang generasi 70-an. Jadi memang manusia itu terus berkembang menuju ke arah yang lebih baik, dengan kata lain berevolusi.

Meskipun saya menggunakan kata "evolusi", tapi saya bukan penganut Teori Darwin. Manusia berevolusi dalam hal ini adalah dari bentuk manusia menjadi manusia juga tetapi lebih baik dari aspek fisik, berfikir, dll. Bukan dari kera menjadi manusia atau mungkin dari manusia sekarang menjadi entah apalah.

Kemajuan perkembangan anak - anak kita memang didorong oleh banyak faktor seperti kemajuan teknologi informasi, kemudahan mengakses pendidikan, melimpahnya ketersedian pangan, dll. Contoh yang paling nyata adalah anak sekarang sudah bisa menggunakan komputer dari umur 4 tahun atau 5 tahun. Atau umur 5 tahun sudah lancar cas - cis - cus ngomong bahasa inggris yang dulu saya pelajari dengan susahnya.

Dalam hal ketangkasan, anak sekarang mungkin sama saja dengan generasi dulu ya. Atau mungkin generasi dahulu lebih gesit dan tangkas karena generasi dahulu tidak banyak mengandalkan teknologi dalam kehidupan sehari - hari. Kalau sekarang kan kemana - mana maunya pakai motor atau mobil. Dulu kemana - mana kalau main sehari hari ya jalan kaki meskipun harus menempuh berkilo - kilometer. Permainan anak - anak juga masih yang tradisional seperti : gobak sodor, gatrik, ucing sumput (petak umpet), ucing bendera, perang-perangan pakai sumplit, dll. Tapi anak sekarang terutama anak kota sudah mulai meninggalkan permainan seperti itu. Mereka mainnya Play Station atau Internet Game.

Akibatnya interaksi sosial anak - anak kita menjdi kurang. Selain itu mereka juga menjadi sedikit bergerak yang akhirnya berdampak pada banyaknya obesitas pada anak - anak. Untuk mencegah hal tersebut terjadi pada anak - anak saya, kami selalu mengontrol makanan yang dikonsumsi oleh anak - anak kami dengan menganut gizi seimbang dan memperhitungkan kesesuaian makanan dengan golongan darah mereka. Selain itu saya juga mendorong anak - anak saya agar beraktivitas di lingkungan sekitar rumah kami pada waktu sore hari dan hari - hari libur, biar mereka bergerak aktif.

Nah, yang paling mujarab kayaknya anak - anak "wajib" dibelikan sepeda supaya mereka wara - wiri bersepada disekitar komplek setiap hari. Kan jadinya berolahraga tanpa disadari. Ini anak - anak saya lagi bersepeda. Yang paling kecil (salman 3,5 tahun) sudah bisa bersepeda tanpa roda bantuan lagi sejak umur 3 tahun. Tapi baru kemarin bisa menggunakan sepeda ukuran roda 16" dengan sebelumnya terjatuh dulu berkali - kali (pengorbanan). Tapi sekarang sudah jarang jatuh lagi meskipun sekali - sekali jatuh juga sih. Kalau kakaknya sudah lebih lihai duluan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar