Jumat, Februari 27, 2009

Dimensi ke 4 : Dimensi Ruang Waktu

Sering saya baca di artikel majalah, Koran, buku, novel dll bahwa kita di dunia sekarang ini berada dalam dimensi 4 yaitu dimensi Ruang dan Waktu. Tapi saya tidak pernah faham benar maksudnya sampai kemarin say abaca di sebuah buku mengenai penjelasan Dimensi Ruang – Waktu.

Kalau orang yang basic pengetahuannya fisika atau quantum fisika tentu sudah tidak aneh dengan istilah itu. Tetapi orang awan seperti saya yang mempelajari fisika sebatas di bangku SMP dan SMA tentu tidak akan pernah faham benar pengertian Dimensi Ruang – Waktu kalau tidak mencari lebih jauh makna istilah tersebut.

Menurut buku tersebut Dimensi Ruang Waktu terdiri atas Panjang, Lebar, Tinggi dan Waktu. Sebagai contoh bayangkan diri kita berada di Lantai 3 Mesjid Istiqlal Jakarta pada Bulan Januari 2009. Di lantai 3 Mesjid Istiqlal itu kita mempunyai Panjang, Lebar, Tinggi/elevasi dan Waktu. Atau koordinat sumbu X, Y dan Z serta Waktu (Bulan Januari 2009).

Seandainya kita datang ke lokasi koordinat tersebut (persis koordinat lokasi Mesjid Istiqlal sekarang sumbu X,Y,Z) tetapi datangnya pada tahun 1940 kita tidak akan berada di Mesjid Istiqlal lantai 3. Jadi Dimensi Ruang dan Waktu kira – kira seperti itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar